8 Pertanyaan TIK
Halo teman-teman semua! Saya Diva Adhisya Putri dari kelas 8G absen 14. Ingin menjawab beberapa pertanyaan untuk tugas saya. Berikut soal dan jawaban saya!
- Berpikir Komputational (BK)?
- Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)?
- Sistem Komputer (SK)?
- Jaringan Komputer dan Internet (JKI)?
- Analisis Data (AD)?
- Algoritma dan Pemrograman (AP)?
- Dampak Sosial Informatika (DSI)?
- Praktik Lintas Bidang (PLB) Informatika?
Jawab:
1. Berpikir komputasional adalah cara berpikir untuk menyelesaikan
persoalan, yang cara penyelesaiannya, jika dikembangkan, dapat dilakukan
oleh komputer. Dengan demikian, kita akan belajar bagaimana menyelesaikan
berbagai persoalan dengan cara yang efektif dan eisien.
2. Teknologi berkembang dengan cepat, melahirkan banyak perangkat keras dan perangkat lunak yang baru. Alat elektronik dan peranti TIK menjadi makin murah, dan ini mendorong pengguna untuk berganti-ganti karena selain lebih murah, performansi peranti juga menjadi makin baik. Manusia melakukan interaksi dengan perangkat melalui berbagai cara. Kita menggunakan tombol untuk menghidupkan atau mematikan perangkat televisi, mesin cuci, atau pendingin ruangan, yang bisa diwakili dengan alat pengendali jarak jauh (remote control). Teknologi saat ini mampu menangani interaksi perangkat dengan pengguna melalui tombol nyata, papan kunci (keyboard), sentuhan ke antarmuka grais yang biasa disebut Graphical User Interface (GUI), maupun suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk perangkat komputer, ponsel/smartphone, perangkat game, pemutar MP3, dan sebagainya, interaksi yang digunakan umumnya adalah GUI.
2. Teknologi berkembang dengan cepat, melahirkan banyak perangkat keras dan perangkat lunak yang baru. Alat elektronik dan peranti TIK menjadi makin murah, dan ini mendorong pengguna untuk berganti-ganti karena selain lebih murah, performansi peranti juga menjadi makin baik. Manusia melakukan interaksi dengan perangkat melalui berbagai cara. Kita menggunakan tombol untuk menghidupkan atau mematikan perangkat televisi, mesin cuci, atau pendingin ruangan, yang bisa diwakili dengan alat pengendali jarak jauh (remote control). Teknologi saat ini mampu menangani interaksi perangkat dengan pengguna melalui tombol nyata, papan kunci (keyboard), sentuhan ke antarmuka grais yang biasa disebut Graphical User Interface (GUI), maupun suara atau Voice User Interface (VUI). Untuk perangkat komputer, ponsel/smartphone, perangkat game, pemutar MP3, dan sebagainya, interaksi yang digunakan umumnya adalah GUI.
3. Komputer (computer) adalah kata dari bahasa Inggris to compute yang artinya
menghitung. Kini, komputer memiliki makna sebuah peranti elektronik yang
dapat menerima data masukan (input)/perintah, memproses (process) data
masukan tersebut, memproduksi keluaran (output), dan menyimpan data
dalam penyimpanan sekunder (secondary storage). Komputer berkembang
menjadi sistem komputer yang merupakan kombinasi dari perangkat keras
dan perangkat lunak yang mampu melakukan pekerjaan tertentu. Perangkat
keras (hardware) adalah komponen isik dari komputer dan perangkat lunak
(software) adalah program yang berjalan di perangkat keras tersebut.
4. Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang terhubung dalam
jaringan. Jaringan komputer memungkinkan komputer saling berbagi
sumber daya dan bekerja sama melalui suatu protokol komunikasi. Komputer
pada jaringan komputer terhubung dengan menggunakan media kabel,
iber optik, atau media tanpa kabel (wireless). Jaringan komputer memiliki
berbagai tipe sesuai dengan cakupan luas areanya seperti: Local Area Network
(LAN), Corporate Area Network (CAN), Metropolitan Area Network (MAN),
Wide Area Network (WAN), dan internet. LAN ialah jaringan komputer lokal
pada ruangan terbatas, seperti rumah, ruang tertentu, dan lainnya. CAN
ialah jaringan komputer yang terbatas pada perusahaan tertentu, yang bisa
terdiri atas beberapa LAN. MAN ialah jaringan komputer pada area kota
metropolitan. WAN ialah jaringan komputer yang lebih luas dari metropolitan
dengan jaringan yang lebih handal.
5. Secara sederhana, analisis data adalah proses pengumpulan dan
pengorganisasian data untuk menarik kesimpulan yang berguna dari data
tersebut. Proses analisis data menggunakan penalaran yang runtut, masuk
akal, dan logis.
6. Algoritma adalah urutan langkah yang dibuat untuk menyelesaikan tugas
tertentu. Salah satu contoh sederhana algoritma adalah langkah untuk
membeli tiket bioskop secara langsung. Langkahnya, yaitu: kalian perlu
menuju bioskop, memilih ilm yang ingin ditonton dan jadwalnya, lalu antre
di loket tiket, lalu memilih posisi kursi bioskop beserta jumlah tiketnya,
membayar total tiket, dan tiket diterima dari pegawai. Algoritma dibuat
untuk dapat dipahami oleh manusia dan juga komputer.
7. Teknologi Informasi (TI) adalah teknologi yang menggunakan komputer
untuk menyimpan, mengambil, dan mentransmisikan (mengirimkan)
data atau informasi. TI secara umum adalah sistem informasi dan sistem
komunikasi atau sistem komputer yang terdiri atas perangkat keras,
perangkat lunak, dan peralatan peripheral yang digunakan oleh pengguna
tertentu. Agar dapat berinteraksi dengan perangkat lain, TI dapat ditambah
dengan peralatan komunikasi, seperti jaringan komputer, telekomunikasi,
dan internet. Dengan tambahan peralatan komunikasi tersebut, penggunanya
dapat berkomunikasi dan mentransmisikan informasi tanpa dibatasi ruang
dan waktu. TI yang ditambah peralatan komunikasi ini disebut Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK).
8. Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir
komputasional. Objek ini dapat berupa: kode program, aplikasi, situs web,
foto/gambar, audio, video, presentasi, dan lainnya. Artefak komputasional
dikembangkan melalui proses kreatif menggunakan perkakas dan teknik
komputasi untuk menyelesaikan masalah tertentu. Proses pengembangan
artefak komputasional melalui proses iteratif yang mereleksikan ide dan
kreatiitas penciptanya untuk membuat sesuatu menjadi lebih efektif,
eisien, indah, menarik, dan lainnya. Pengembangan mesin hitung di kasir
pasar swalayan misalnya, akan membuat pencatatan transaksi pembelian
lebih efektif dan eisien. Pembuatan animasi yang indah akan membuat
penontonnya tidak beranjak dari kursi penonton.
Komentar
Posting Komentar